Rabu, 18 Juli 2012

STOP Bikin Anak, Bumi Nggak Muat !!

Terinspirasi dari soal UAS Bahasa Inggris kamis lalu tentang banyaknya populasi dunia saat ini. Pada akhir tahun lalu (2011) diperkirakan jumlah manusia yang hidup dibumi sudah mencapai angka 7 milyar jiwa dengan Cina sebagai penyumbang terbesar dengan jumlah total 1,5 milyar.
Mungkin jumlah penduduk dunia saat ini diluar dari perkiraan karena pada abad pertama jumlah penduduk dunia diperkirakan hanya sekitar ¼ milyar jiwa. Bahkan pada abad 16 jumlah manusia yang hidup dibumi baru berjumlah sekitar ½ milyar saja. Namun setelah itu populasi manusia dibumi mengalami peningkatan yang drastis seperti pada tahun 1970-an jumlah penduduk dunia sudah menyentuh angka 3,5 milyar.

Memasuki abad 21 jumlah populasi dunia semakin menggila, dalam kurun 50 tahun terakhir rata-rata penduduk bumi bertambah 1 milyar setiap 13 tahun. Dan diperkirakan akan menjadi 8 milyar pada tahun 2025 serta 10 milyar pada tahun 1980-an.
Menurut PBB rata-rata setiap hari lahir 360.000 bayi baru, sedangkan rata-rata kematian berjumlah tak lebih dari setengahnya, 151.600 kematian perhari. Dan wanita Asia dan Afrika yang menyumbang angka kelahiran terbanyak. Rata-rata wanita Asia dan Afrika memiliki 3 sampai 7 anak. Sedangkan di Italia wanitanya hanya memiliki rata-rata 1,3 anak.
Kenyataan bahwa wanita Asia dan Afrika adalah sebagai penyumbang angka kelahiran terbanyak adalah mungkin banyak orang yang masih mempercayai pandangan tradisional bahwa memiliki banyak anak banyak rezeki. Tap faktanya? Nggak menjamin memiliki banyak keturunan akan mendatangkan banyak rezeki malah cenderung sebaliknya.
Terlepas dari pandangan itu, terlalu banyak penduduk bumi akan memunculkan banyak sekali dampak-dampak negative terutama untuk masa depan. Dan dampak yang paling di khawatirkan  adalah kurangnya air besih serta semakin terbatasnya tempat tinggal.
Di Indonesia, pemerintah sudah menyadari dampak tersebut sejak dulu, diantaranya dengan menganjurkan memiliki 2 anak cukup a.k.a program KB (keluarga berencana). Indonesia sendiri menempati peringkat ke-4 berdasarkan jumlah penduduknya dibawah Cina, India serta Amerika Serikat.
Source: atfangooners.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar