Rabu, 11 Juli 2012

Wana Wisata Padusan (Wisata Air Panas Pacet)

By: Islamiyah Indah

Air Terjun Coban Canggu, Pacet


Wana Wisata Padusan terletak di Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Indonesia. Sekitar lebih kurang 2 jam perjalanan dari kota Surabaya. Lokasi wisata ini lebih dikenal oleh masyarakat dengan  sebutan wisata air panas Pacet. Sebenarnya di Pacet sendiri ada 4 lokasi wisata yang populer antara lain Pacet Mini Park, Ubalan, dan di paling atas ada Air Terjun Cuban Canggu, dan Wana Wisata Padusan.

Air terjun Cuban Canggu dan Wana Wisata Padusan letaknya berdekatan. Dari loket karcis, kita pilih belok kiri jika akan ke air terjun dan kita pilih belok kanan jika ingin ke air panas. Untuk masuk ke air terjun kita dikenakan tiket sebesar Rp 5.000 per orang dan Rp 1.500 untuk parkir kendaraan bebas (sepeda motor) dan Rp 2.000 untuk mobil. Lalu jika kita ingin ke air panas, kita harus membeli tiket seharga Rp 7.500 per orang dan untuk parkir kendaraan bebas biayanya sama dengan di air terjun.

Ups,, apa maksudnya parkir kendaraan bebas??

Anda jangan berfikir bahwa dengan Rp1.500 kendaraan anda akan terparkir dengan aman di dalam lokasi wisata. Anda salah besar jika berfikir demikian. Sama seperti saya ketika pertama kali datang ke lokasi wisata. Parkir bebas adalah kita bebas untuk memarkir kendaraan di sembarang tempat dengan pengawasan sendiri. Jadi, hilang tidak ditanggung. Ada sendiri pihak pengelola parkir di dalam lokasi. Mereka menarik biaya untuk parkir sepeda motor sebesar Rp4.000 dan untuk mobil maaf saya tidak tahu karena ketika kesana saya bersepeda motor bersama teman.

Jika anda pergi berdua dengan sebuah sepeda motor, seharusnya anda hanya membayar Rp 16.500 (2 x Rp 7.500 +1500) namun untuk masuk lokasi wisata air panas, uang kembalian Rp 500 tidak ada jadi anda harus mengeluarkan uang Rp 17.000. Begitulah oknum-oknum tidak bertanggung jawab sengaja tidak memberikan uang kembalian. Padahal jika hal itu tetus dilakukan setiap hari, bayangkan saya berapa pundi-pundi rupiah yang bisa saja masuk dalam kantong mereka sendiri.

Di dalam Wana Wisata Padusan ada 2 obyek utama, yaitu air panas dan air terjun. Jika kita mau ke air terjun, kita harus membayar lagi sebesar Rp 3.000 per orang. Begitu pula jika kita ingin ke air panasnya, kita harus membei tiket lagi. Banyak pula pedagang yang menjajakkan dagangannya. Kebanyakan mereka menjual makanan seperti bakso, gorengan, mie, jagung bakar, dan tak ketinggalan makanan khas Pacet aneka olahan ubi / ketela. Adapula aneka buah-buahan seperti strawberry, sirsak, apel, cabe rawit, dan sebagainya. Hanya sebagian kecil saja yang berjualan cenderamata seperti kaos dan gantungan kunci.

Bagi anda yang ingin bermalam di area wisata juga bisa. Ada villa yang disewakan di dalam area wisata. Letaknya di jalan menuju air terjun. Bagi putra-putri anda serta adik-adik kecil yang ingin mengelilingi area lokasi wisata tanpa harus bercapek-capek, bisa dengan menyewa kuda. Bagi yang ingin menguji ketangkasan, bisa mencoba berbagai wahana outbond yang disediakan. Dan bagi yan gingin menginap untuk camping, tentu juga bisa. Ada beberapa titik lokasi yang bisa dijadikan tempat untuk bercamping. Atau jika anda ingin sekedar melepas lelah dengan menikmati suasana sejuk di pegunungan sekaligus ber-hunting foto, lokasi wisata ini bisa dijadikan rujukan untuk mengisi liburan atau weekend.

Ketika anda berjalan menuju lokasi air terjun di dalam Wana Wisata Padusan, anda bisa melihat beberapa ekor rusa yang dilindungi di dalam lokasi wisata. Habitat mereka dibatasi dengan pagar besi. Namun pengunjung tetap bisa melihat rusa-rusa itu sekaligus berinteraksi dengan memberi mereka makan.

Di jalan menuju lokasi, banyak pula pedagang pentol bakar. Hmmmmm... jajanan ini murah meriah. Satu tusuk isi 4 pentol atau tahu seharga Rp 500 rupiah saja. Pentol dan tahu ini akan dibakar di bara api. Setelah matang bisa dinikmati dengan sambal kacang. Hmmmmm... anda harus mencobanya ketika datang ke daerah Pacet.

Selamat mencoba, temukan kenangan baru hidup anda melalui liburan seru dengan keluarga, teman, ataupun kekasih tercinta..

:)

1 komentar: